Pesan Solidaritas untuk Mogok Nasional Yunani 19-20 Oktober

Selasa, 08 November 2011

KPO PRP bersama dengan 163 organisasi dari 80 negara diberbagai belahan dunia menandatangani statemen solidaritas ini. Statemen ini dibacakan ditengah demonstrasi PAME yang dihadiri lebih dari 70 ribu buruh dalam kerangka Mogok Nasional Yunani pada tanggal 19 dan 20 Oktober 2011. Mogok Nasional tersebut untuk menolak kebijakan menindas yang dikeluarkan oleh Pemerintah Yunani, Uni Eropa dan IMF.


--------------------------------------------------------------------------------
Kawan-kawan Klas Buruh Yunani,
Kami mengikuti perkembangan perjuangan gerakan klas buruh di Yunani. Perjuangan PAME menyusun bagian integral dari perjuangan kami.

Kami menyampaikan solidaritas dengan pemogokan 48 jam, dalam pertempuran dan perjuangan melawan tindakan barbar yang diterapkan di Yunani seperti penghapusan Perjanjian Kerja Bersama, PHK massal, pemotongan upah dan pension, kebijakan pajak yang semena-mena, privatisasi, komersialisasi pendidikan dan kesehatan. Kebijakan serupa yang didorong diseluruh negeri di Eropa dan diseluruh dunia kapitalis. Kebijakan-kebijakan tersebut bukan merupakan kepentingan nasional namun kepentingan perusahaan-perusahaan monopoli dan multinasional. Kami setuju dengan analisa kawan-kawan bahwa semua kebijakan barbar tersebut diterapkan untuk lebih jauh lagi merendahkan tenaga kerja, sehingga buruh dan rakyat membayar hutang yang diciptakan bukan untuk mereka, namun untuk subsidi, keringanan pajak dan pinjaman untuk perusahaan-perusahaan besar. Kami berjuang dinegeri kami masing-masing seperti perjuangan PAME di Yunani untuk membuat semua klas buruh mengerti, untuk membuat rakyat mengerti, bahwa krisis kapitalis bukan disebabkan oleh hutang namun oleh kekayaan dan alat produksi yang dikonsentrasikan ditangan beberapa orang, karena monopoli menjadi semakin besar disemua sektor.

Klas buruh dan rakyat dinegeri kami sekarang mencapai kesimpulan yang sama, bahwa kebijakan-kebijakan yang tidak pernah berhenti ini menghasilkan kemiskinan dan penderitaan, diterapkan oleh baik pemerintahan neoliberal dan sosial demokrat; bahwa kecenderungan ini adalah sama ketika ada memorandum, Troika, Uni Eropa dan IMF ataupun tidak ada; bahwa apa yang disebut sebagai jalan keluar unik yang diajukan oleh Uni Eropa tidak menjamin klas buruh dan hak mereka, berkebalikan dengannya, dimanapun jalan pembangunan kapitalis akan menuju langkah-langkah liar menindas rakyat dan hak istimewa bagi modal. Kami tidak akan dibodohi oleh persaingan antara pemerintah dan diantara kaum imperialis. Persaingan tersebut tidak berhubungan dengan kepentingan klas buruh, namun mengenai kelompok bisnis atau perusahaan multinasional mana yang akan rugi.

Pengalaman Yunani dan ditempat lain membuat jelas bahwa kekuatan yang berkompromi dalam gerakan buruh mengikuti ITUC dan ETUC, mendorong kolaborasi klas dan konsensus untuk mengadopsi kebijakan-kebijakan menindas.

Kami setuju dengan arah perjuangan kawan-kawan, bahwa hanya melalui perjuangan buruh terorganisir secara massal dan popular dapat mencegah, bukan hanya kebijakan-kebijakan menindas, namun juga menggulingkan jalan pembangunan kapitalis, yang hanya memberikan keuntungan baru bagi modal dan penderitaan bagi rakyat. Tindakan spontan dan individual tidak memberikan solusi. Hanya kemarahan yang tidak memberikan jalan keluar. Kita membutuhkan perjuangan yang sadar dan terorganisir.

Kami menyampaikan dukungan dan solidaritas kami dengan pemogokan 48 jam yang akan menghentikan produksi dan mengosongkan tempat kerja. Kami terinspirasi dengan slogan yang kawan-kawan serukan didalam demonstrasi “mesin tidak bergerak tanpamu klas buruh; kalian bisa tanpa para bos”.

Kaum militant PAME,
Kami mengekspresikan solidaritas dengan kalian dan kami mendukung perjuangan pemogokan klas buruh Yunani pada 19-20 Oktober, berjuang pertama dinegeri kami masing-masing untuk menguatkan perjuangan klas kami melawan musuh bersama kita perusahaan-perusahaan multinasional dan monopoli.

Hidup Perjuangan Rakyat Yunani!
19 Oktober 2011

Tidak ada komentar:

Posting Komentar